Contoh Proposal | Jenis, dan Cara Membuat edsi 2016


Contoh  Proposal - Setiap penyelenggaraan kegiatan membutuhkan perencanaan yang matang dan secara terperinci, yaitu mengenai latar belakang yang mendasari pelaksanaan kegiatan, waktu pelaksanaan kegiatan, tempat pelaksanaan, visi dan misi pelaksanaan kegiatan, tujuan pelaksanaan kegiatan, para pelaku pelaksana kegiatan, dan akhirnya semua itu akan membutuhkan perencanaan anggaran biaya kegiatan secara objektif dan mendetail. Semua rincian yang tersebut di atas, tertuang pada naskah proposal sebagai ide gagasan atau usulan, untuk mendapat persetujuan dan respon dari orang-orang yang dianggap berkompeten ikut andil dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Pengertian Proposal

Maka dari apa yang tersebut di atas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa pengertian proposal adalah naskah yang tersusun secara sistematis mengenai usulan, ide dan gagasan kegiatan untuk dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan kegiatan, yang mana kegiatan tersebut, pada dasarnya sebagai salah satu upaya untuk mencapai visi dan misi pelaksana kegiatan, baik secara individual maupun kelompok dan organisasi. Namun ternyata jenis-jenis proposal kegiatan terbagi menjadi beberapa kategori, tergantung dari nama dan jenis kegiatan itu sendiri, misalnya kegiatan usaha atau bisnis, kegiatan penelitian, kegiatan pembangunan dan banyak lagi yang lainnya. maka dari sinilah kemudian proposal tersebut terbagi menjadi beberapa jenis proposal. 

Contoh Cara Membuat Proposal
ilustrasi cara membuat proposal

Jenis-Jenis Proposal

Ada beberapa jenis proposal yang ditinjau dari jenis kegiatan di bawah ini yaitu

  • Proposal usaha / bisnis : yaitu jenis proposal mengenai rencana pendirian dan pengembangan bisnis, baik bisnis perseorangan maupun kelompok dalam bentuk kerja sama perusahaan.
  • Proposal pembangunan /proyek : yaitu proposal perencanaan kegiatan proyek pembangunan dalam rangka menciptakan lapangan kerja maupun tujuan komersil lainnya.
  • Proposal kegiatan penelitian : yaitu naskah yang disusun mengenai perencanaan kegiatan penelitian oleh seseorang atau kelompok untuk menemukan sebuah teori baru atau pengujian kebenaran teori yang telah ada untuk kemudian disusun sebagai karya ilmiah baik skripsi, tesis, desertasi maupun karya ilmiah lainnya.
  • Proposal kegiatan acara : yaitu usulan atau gagasan yang tertuang dalam naskah secara sistematis mengenai kegiatan acara oleh seseorang atau kelompok, misalnya kegiatan pentas seni dan budaya, kegiatan bakti sosial dan lain sebagainya yang erat kaitannya dengan kegiatan acara.
  • Proposal Permohonan bantuan dana dan pengadaan barang yaitu proposal yang biasanya di ajukan oleh kelompok nelayan, kelompok tani maupun lembaga pendidikan, Lembaga kesehatan masyarakat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Membuat Proposal 

Dalam hal ini secara khusus saya mengarahkan bagaimana cara membuat proposal yang berkaitan dengan permohonan dana untuk program kerja organisasi, adapun unsur-unsur yang terdapt pada proposal antara lain
  • Cover proposal
  • Pendahuluan
  • Dasar pemikiran atau latar belakang
  • Visi dan misi
  • Profil penyelenggara
  • Waktu dan tempat penyelenggaraan
  • Prakiraan anggaran biaya
  • Penutup
  • Lampiran-lampiran

 Contoh Proposal Kegiatan

Setiap proposal biasanya didahului dengan surat pengantar yang bisa anda masukkan skaligus pada proposal atau surat pengantar diberikan secara terpisah.

Contoh Proposal
Contoh Cara Membuat Proposal



Karena keterbatasan peragkat penulisan di blog ini saya menyarankan anda untuk mendownload contoh proposal kegiatan pada link download yang telah saya sediakan di bawah ini.

Download Contoh Proposal 

Untuk lebih mudah dan jelasnya, anda bisa download contoh proposal yang telah saya sediakan filenya dalam bentuk ms word file.docx. anda bisa mendownload di link Contoh proposal

Itulah informasi seputar contoh proposal dan jenis-jenisnya sekaligus saya berikan link download untuk contoh proposal, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan memudahkan anda dalam membuat proposal. dan tunggu artikel proposal lainnya.

Tunggu artikel menarik lainnya terkait contoh proposal

Baca juga: contoh surat lamaran kerja