Contoh Cara Membuat Surat Pribadi untuk Sahabat, Orang Tua & Guru

Contoh Cara Membuat Surat Pribadi Untuk Sahabat, Orang tua dan Guru - Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh pribadi tertentu dan ditujukan kepada pribadi tertentu pula, misalnya surat pribadi untuk sahabat atau teman, surat pribadi untuk orang tua atau surat pribadi untuk guru. 

Di tinjau dari isi surat, surat pribadi hanya berkaitan tentang persoalan antar pribadi, misalnya surat cinta untuk kekasih, surat yang berisikan pesan nasehat dari orang tua untuk anaknya dan lain sebagainya. 

Sedangkan ditinjau dari  cara penulisan, maka surat pribadi adalah kebalikan dari surat resmi atau surat dinas, karena tidak ada aturan baku dalam menulis surat pribadi, baik format surat, bahasa surat dan lain sebagainya bahkan sah sah saja menulis surat pribadi dengan bahasa indonesia non formal ataupun dengan bahasa daerah seperti bahasa sunda, bahasa bali atau bahasa daerah lainnya. 

Lalu pertanyaannya adalah apakah surat lamaran kerja termasuk dari kategori surat pribadi? ditinjau dari tujuan surat, kaidah penulisan surat, dan gaya bahasa surat maka surat lamaran kerja bukan termasuk kategori surat pribadi. Agar lebih jelas saya akan berikan contoh dan cara membuat surat pribadi, dan pada kesempatan kali ini saya akan berikan contoh surat untuk guru, orang tua dan sahabat. 

Cara Membuat Surat Pribadi


Sebagaimana telah saya paparkan diatas bahwa surat pribadi adalah surat yang dilayangkan oleh dan untuk pribadi, dan isi suratpun berkenaan tentang persoalan pribadi sehingga jauh dari kesan formal dan resmi, semuanya serba semau anda dan tergantung kebiasaan anda selama isi surat dapat difahami.

Namun walau begitu, setidaknya ada etika tak tertulis yang patut anda perhatikan, misalnya menulis surat kepada orang  yang lebih tua tentunya anda harus mengunakan bahasa yang sopan dan santun. 

Etika semacam ini sebenarnya bukan aturan dalam menulis surat namun aturan ini adalah aturan moral dan prilaku kepada orang yang lebih tua, begitu juga mengirim surat kepada teman anda dan  kekasih anda, meskipun gaya bahasa yang anda gunakan adalah gaya bahasa non formal.


Secara umum surat terdiri atas

  • Kepala surat : yaitu tujuan dan alamat surat 
  • Pembukaan : Pembukaan surat pribadi biasanya berisi salam, kalimat sapaan dan basa basi lainnya untuk memberikan kesaan akrab dan lebih komunikatif (seolah-olah berbicara secara langsung). 
  • Isi surat : isi surat adalah inti pesan yang hendak anda sampaikan, isi surat bisa berupa unek-unek dengan gaya bahasa sehari-hari atau gaya bahasa anak gaul zaman sekarang, atau bahkan sah-sah saja dengan menggunakan bahasa daerah tertentu, namun tetap menjaga etika kesopanan, menghormati dan sebagainya. 
  • Penutup : Penutup surat bisa dengan kalimat salam, dan basa basi sebagai kata perpisahan. 
  • Kemudian yang terakhir nama pengirim, terkadang tidak perlu ditanda tangani tapi hanya dengan kata "tertanda" saja.
Artikel terkait baca juga : Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Untuk
Sahabat lamaku ( Hanum Salsabila )
Di. Jakarta


Salam Rindu
Hai salsa...gi mana kabarmu? mudah-mudahan kamu disana baik-baik aja dan selalu sehat, makin cantik dan Mmmm.... pokoknya do'aku buat kamu yang baik-baik aja deh...aku di bali baik dan sehat, eh salsa  tau gak aku tambah gemuk lho...abis susah banget sih dietnya...masih belom bisa ngurangin ngemil, tapi ga apa-apa deh yang penting enjoy aja.

Oya, salsa benernya aku berkirim surat buat kamu, buat kasi kabar kalo aku bulan depan udah mau nikah, aku berharap banget kamu bisa hadir di hari spesialku, pokoknya ushakan bisa hadir ya...mungkin pernikahanku tepatnya tanggal 12 maret 2016, kamu boleh kok bawa temen2 kamu sebanyak-banyaknya.

udah dulu ya salsa, kapan-kapan kita sambung lagi. o ya mulai sekarang kamu harus jaga kesehatan, supaya pas di hari pernikahanku kanu bisa hadir, khusus untuk kamu aku transferin deh biaya pesawatnya. udah dulu ya salsa. sampai jumpa di hari pernikahanku.


                                                                                   
                                                                                                                 Sahabat lamamu
                                                                                                                          Ttd
                                                                                   
                                                                                                                  Hasna Azzahwa

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua/Ibu

 
Kepada
Yth. Ibunda
Di - Bali

Assalamu'alaikum Wr, Wb.

Apa kabar bunda, semoga ibunda sehat selalu, dan semoga bunda selalu dibawah lindungan Allah, Amin. bunda, ananda disini sehat dan baik-baik aja. Ibunda jangan khawatirkan ananda disini, Insya Allah ananda bisa jaga diri.

Oya bunda, di perantauan ini ananda sudah punya banyak teman, mereka semua baik terhadap ananda mereka selalu membimbing ananda dan selalu memberi ananda nasehat agar selalu berusaha keras dan pantang menyerah, selain itu mereka semua teman-teman ananda yang soleh dan solehah, jadi bunda tidak  usah terlalu memikirkan ananda, ananda hanya minta restu bunda dan mendoakan ananda agar ananda diperantauan ini sukses. 

Sebenarnya anada sudah kangen banget ingin merebahkan kepala ananda di pangkuan bunda, tapi ananda masih belum bisa pulang, ananda selalu berdo'a untuk bunda semoga bunda disana baik-baik saja. 

Ananda baru merasakan bagaimana rasanya jauh dari seorang ibu, kasih sayang bunda tak terhingga kepada ananda, ananda berharap bisa segera pulang dan ingin segera berbakti pada bunda, walaupun ananda tau bakti ananda takkan cukup membalas kasih sayang bunda.

Udah dulu ya bunda, bunda jaga diri baik-baik dan sekali lagi ananda disini baik-baik saja ananda tak ingin bunda terlalu mengkhawatirkan ananda,
salam bakti ananda untuk bunda.
wassalamu'alaikum Wr, Wb.

                                                                                                                Hormat Ananda
                                                                                                                        Ttd

                                                                                                              Ahmad Ali Sucipto 


Baca juga : Contoh CV (Curriulum Vitae)

Contoh Surat Pribadi untuk Guru


Untuk 
Guru terbaikku Bapak Irwan
Di tempat

Salam hormatku 
hai pak..., apa kabar. semoga bapak baik-baik aja dan selalu sehat sehingga bisa menjalankan aktifitas sehari-hari dengan lancar.

pak, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena selama saya sekolah di jakarta saya nakal banget dan sering merepotkan bapak, saya baru menyadari ternyata bapak adalah guru terbaik saya. 

selama saya pindah sekolah saya tidak menemukan sosok guru yang sesabar bapak dalam mengajar dan mendidik meskipun saya sering bikin masalah tetapi bapak selalu bersabar. saya benar-benar merindukan sosok bapak disekolah saya yang baru. entah kapan saya akan bertemu lagi dengan bapak, saya berharap semoga apa yang bapak ajarkan kepada saya menjadi pelajaran yang benar-benar berharga buat saya dan tidak akan saya lupakan, dan selama ini saya merasa berdosa karena kesalahan saya. saya harap bapak mau memaafkan saya.

Sekali lagi saya mohon maaf.
Udah dulu ya pak, mudah-mudahan di lain kesempatan saya sambung lagi. o ya pak sampaikan salam saya untuk istri bapak, kalo saya juga merindukan dia.

Dari muridmu yang paling nakal
ttd
Dewi


Baca juga : Contoh surat resmi yang baik dan benar
Itulah contoh dan cara membuat surat pribadi untuk sahabat, orang tuan dan guru, surat pribadi yang saya tulis ini adalah segelintir dari contoh surat pribadi yang lain, misalnya surat pribadi untuk kekasih, surat pribadi berbahasa sunda, surat pribadi berbahasa jawa dan lain sebagainya. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.
Terima kasih sudah membaca contoh surat pribadi di http://contohsuratmakalah.blogspot.com