CONTOH PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH TERBAIK


Contoh Pidato Perpisahan Sekolah  - Namanya saja pidato perpisahan sekolah, jadi pidato perpisahan sekolah adalah pidato yang disampaikan oleh salah satu siswa yang akan berpisah karena telah lulus mengenyam pendidikan disekolah tersebut, baik tingkat sd, smp maupun sma. Biasanya yang disampaikan pada pidato perpisahan tersebut yaitu ucapan terimakasih kepada bapak ibu guru, permohonan maaf, kesan selama mengenyam pendidikan disekolah tersebut serta pesan yang disampaikan untuk adik adik kelas. silahkan baca contoh pidato perpisahan sekolah yang nanti akan saya berikan pada akhir artikel ini. 

Berpidato membutuhkan persiapan yang matang, terlebih lagi pidato perpisahan sekolah disampaikan oleh siswa yang belum pernah memiliki pengalaman menyampaikan pidato. oleh karena itu hal-hal yang perlu di perhatikan dalam menyampaikan pidato antara lain :

  • Susunlah materi pidato perpisahan sekolah sebaik mungkin. atau anda bisa menggunakan contoh pidato perpisahan sekolah yang nanti akan saya cantumkan berikut ini.
  • Untuk pemula sebaiknya hafalkan isi pidato sampai benar-benar hafal.
  • Sering-seringlah berlatih berpidato dengan bimbingan dari guru atau orang yang memang berpengalaman dalam berpidato.
  • Penghayatan terhadap isi pidato. siswa yang menyampaikan pidato perpisahan sekolah harus benar-benar mamahami isi pidato dan merasakan atau menjiwai isi pidato, karena dengan menghayati isi pidato akan berpengaruh besar terhadap kualitas penyampaian pidato.
  • Jika lupa terhadap isi pidato, siswa boleh dan sebisa mungkin menyampaikan pidato dengan kalimat yang berbeda, namun tidak menghilangkan poin-poin inti pidato perpisahan.

Baca juga : contoh teks pidato singkat tentang pendidikan

 

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

CONTOH PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH  TERBAIK
Contoh pidato perpisahan

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ؛
Yang terhormat Bapak kepala sekolah
yang kami hormat bapak dan ibu guru
yang kami hormati baak dan ibu segenap para undangan
yang kami hormati dan kami sayangi adik-adikku semuanya

pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah subhanahu wata ala, yang telah melimpahkan nikmatNya untuk kita yang mana nikmat terebut tidak akan sanggup bagi kita untuk menghitungnya dan menjumlahnya terlebih lagi nikmat iman, nikmat islam serta nikmat sehat, sehinga kita dapat berkumpul pada kesempatan ini, semoga kita semua senantiasa mendapat rahmatNya, Amin

Kemudian sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada suri tauladan kita sang pembawa risalah yang mulia, serta yang telah mengantarkan kita dari zaman kebodohan menuju menuju cahaya yang terang benderang yaitu agama islam.

Hadirin segenap para undangan yang saya hormati
pada kesempatan ini saya mewakili siswa dan siswi kelas..........perkenankanlah kami menyampaikan rasa terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada bapak dan ibu guru yang telah mendidik, mengajar dan membimbing kami dengan penuh perjuangan, kesabaran, tidak kenal lelah dan penuh keikhlasan. kami tidak akan melupakan jasa bapak dan ibu guru selama ilmu yang telah kami terima masih melekat pada diri kami, sungguh kami tidak akan sanggup membalas jasa-jasa para bapak dan ibu guru, sehingga kami hanya berdo'a dan berharap semoga yang maha kuasa membalas dengan segala kebaikan, serta memberikan derajat yang mulia kepada guru-guru kami.

Bapak dan ibu guruku yang kami homati, kami menyadari sepenuh hati bahwa selama kami belajar disekolah ini banyak diantara kami yang telah melakukan kesalahan baik kami sadari atau tidak karena itulah kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.

dan pada kesempatan ini pula saya berpesan kepada adik-adikku agar senatiasa rajin belajar, hormatilah bapak dan ibu guru, dengarkan nasihat-nasihatnya dan berbaktilah padanya serta jangan sakiti perasaannya, sehingga nantinya kalian tidak menyesal sebagaimana kami menyesal hari ini.

Bapak dan ibu guru, segenap para undangan yang kami hormati....sungguh kami merasa berat untuk berpisah dan meninggalkan sekolah ini, karena di tempat inilah kami menimba ilmu, ditempat ini pula kami bersama-sama tumbuh menjadi anak yang berilmu, dan ditempat ini pula banyak kenangan yang tak kan terlupakan.

Kami rasa itu saja yang dapat kami sampaikan, apabila ada kata-kata kami yang kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Contoh pidato perpisahan sekolah yang saya sampaikan diatas, saya rasa telah cukup mewakili berbagai ungkapan, dari ucapan terima kasih, prmohonan maaf pesan untuk adik kelas dan beberapa ungkapan perpisahan.


Itulah tips berpidato yang baik dan contoh pidato perpisahan sekolah yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih telah berkunjung di blog contohsuratmakalah.blogspot.com