Contoh Teks Pidato Singkat / Pendek | Naskah Pidato Pendidikan


Contoh Teks Pidato Singkat / Pendek | Naskah Pidato Pendidikan - Pidato secara bahasa bermakna pengungkapan pikiran untuk diucapkan didepan khalayak (di depan umum). berpidato bukanlah perkara sepele, melainkan berpidato membutuhkan persiapan yang matang baik dari sisi mental maupun materi pidato. Tak semua orang memiliki kemampuan berpidato dengan baik. Bagi orang yang belum terlalu berpengalaman berpidato, mungkin akan mengalami kesulitan bagaimana menyampaikan pidato yang baik dan menarik. oleh karena itu, sebelum berpidato tulislah terlebih dahulu teks naskah pidatonya mulai dari kerangka pidato dan naskah pidato secara lengkap, agar pada saat berpidato tidak mengalami kesulitan apa yang akan disampaikan. Selain itu tujuan penulisan pidato adalah agar dalam menyampaikan pidato tidak kebingungan dan bertele-tele sehingga para pendengar kesulitan dalam memahami pembahasan pidato yang disampaikan.

Setelah teks pidato telah siap, selanjutnya sering-seringlah berlatih berpidato, karena bagi pemula tak kalah penting untuk dipelajari adalah bagaimana retorika berpidato (gaya berpidato/tehnik pidato) yang baik, agar dapat menguasai dan mendapat perhatian khalayak dengan optimal dan dengan banyak berlatih retorika pidato, pidato yang anda sampaikan menjadi lebih menarik untuk didengarkan, dan retorika pidato tersebut juga tergantung dari tema pidato.
Sebenarnya berpidato tidaklah sulit, asalkan banyak berlatih dan mengumpulkan pengalaman sehingga berpidato bukan lagi masalah. dan yang terpenting adalah membiasakan diri untuk berbicara didepan umum

Pada kesempatan kali ini saya akan berikan contoh teks pidato singkat tentang pendidikan yang nantinya bisa dijadikan sebagai refrensi untuk membuat naskah pidato yang baik, menarik dan sistematis.

Artikel terkait baca juga :  contoh artikel singkat tentang kesehatanl lingkungan

Tips cara berpidato yang baik dan menarik
ada beberapa tips bagaimana cara berpidato yang baik dan menarik yaitu :
  • Perhatikanlah baik-baik siapa audiens anda, jika khalayak masyarakat umum sebaiknya gunakalah gaya bahasa yang sederhana agar pidato anda  dapat difahami dengan baik.
  • Penyeutan kosa kata yang lugas dan jelas, sehingga khalayak dapat mengerti apa yang anda ucapkan
  • Agar audiensi tidak tegang dan jenuh, sesekali berikan sedikit gurauan.
  • peratikanlah durasi waktu anda dalam berpidato, karena terlalu lama berpidato akan membuat audiensi bosan dan kehilangan substansi (inti pesan) pidato
  • Perhatikanlah isi pidato yang akan disampaikan mana yang perlu mendapatkan penekanan, dalam hal ini berkaitan dengan irama pidato agar pidato tidak monoton tinggi atau atau monoton rendah. atau 
  • Pidato terdiri atas salam, pembukaan, penghormatan, isi pidato dan penutup pidato.

Contoh Teks Pidato Singkat/pendek | Naskah Pidato Pendidikan

Berikut ini adalah contoh teks atau naskah pidato megenai pendidikan yang bisa anda jadikan refrensi dalam membuat pidato khususnya tentang pendidikan

Contoh Teks Pidato Singkat / Pendek | Naskah Pidato Pendidikan
Tips cara berpidato yang baik dan menarik
Teks Pidato

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛


yang kami hormati bapak kepala sekolah
yang kami hormati bapak dan ibu guru
yang kami hormati bapak dan ibu segenap para undangan
yang kami hormati dan kami sayangi teman-teman semua

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang telah melimpahkan segala rahmat dan nikmatnya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan dan di tempat yang mulia ini, dan atas hidayah dan taufikNya pula kita sampai hari ini dalam keadaan iman dan islam.
Kemudian sholawat dan salam marilah kita limpah curahkan untuk baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yang telah mengantarkan kita dari zaman jahiliah menuju zaman ilmu yang terang benderang yaitu agama islam.

hadirin yang saya hormati...
Jika kita perhatikan, perkembangan dan kemajuan tekhnologi informasi satu sisi memberikan dampak positif , namun di sisi lain ternyata juga dapat memberikan dampak negatif. misalnya saja tekhnilogi internet, bagi siswa siswi satu sisi internet adalah gudang ilmu, dengan internet siswa siswi dapat menggali informasi terkait mata pelajaran disekolah. sebenarnya manfaat internet bagi pelajar sangatlah banyak misalnya internet dapat kita jadikan sebagai sarana komunikasi yang dapat menghubungkan kita dengan pengguna lainnya di seluruh dunia ini. dengan jaringan internet  dapat mendekatkan apa yang jauh. dengan internet kita mendaptkan informasi dan berita baik nasional mapun internasional.

namun disisi lain ternyata internet juga memberikan dampak negatif yang sangat brepengaruh bagi pelajar dan remaja, salah satu dampak negatif itu misalnya fornografi. di internet segalah macam aksi forno aksi dan forno grafi dapat di akses hanya dengan menuliskan informasi semacam itu. dan hal ini memberikan pengaruh jelek pada siswa dan siswi, mereka akan diperkenalkan dengan sesuatu belum seharusnya mereka ketahui, bahkan fornografi yang di tampilkan pada internet menjadikan siswa dan siswi haus akan semacam itu. dan ini akan sangat mengganggu pendidikan kita.

Hadirin yang sayahormati...
inilah tantangan yang sedang kita hadapi, satu sisi kita mau tidak mau memperkenalkan kepada mereka tentang tekhnologi internet ini, namun di sisi lain ternyata internet adalah racun bagi mereka. maka oleh karena itulah para hadirin yang saya hormati, anak-anak kita mesti mendaptkan perhatian secara khusus mengenai cara mereka menggunakan fasilitas internet, terlebih lagi fasilitas internet sudah tersedia pada prangkat tekhnologi komunikasi misalnya komputer, gadget, android.

Hadirin yang saya hormati...
maka langkah-langkah yang dapat kita ambil adalah pendidikan kita harus lebih kompleks dan seimbang antara imtaq dan iptek, karena iman dan takwa adalah pondasi dasar yang dapat membentengi anak didik kita dari segala pengaruh negatif perkembangan tekhnologi khususnya internet. maka untuk membina iman dan takwa bagi pelajar yaitu dengan penyediaan sarana ibadah disekolah, dan memberikan waktu secara khusus untuk mengkaji ilmu agama secara intensif dan berkesinambungan. bapak dan ibu hadirin yang saya hormati, oleh karena itulah kita membutuhkan guru yang profesional di bidang agama baik pada materi aqidah, fiqh, akhlak dan sebagainya. barang kali kedepannya dapat musyawarahkan kembali terkhusus masalah ini. karena tidak mungkin hal ini saya sampaikan ditempat ini mengingat waktu yang diberikan kepada saya sangat sngkat sehingga mudah-mudahan lain kesempatan dapat kita bicarakan sehingga dapat menyelesaikan satu masalah pendidikan kita.
bapak dan ibu hadirin yang saya hormati mugkin itu yang bisa saya sampaikan semoga hal ini dapat memberikan kita semangat untuk terus meningkatkan mutu pendidikan kita.

Apa bila ada kata-kata saya yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
wassalamu'alaiukum warah matullahi wa bara katuh.

Baca juga : contoh artikel pendidikan karakter anak usia dini / PAUD

itulah contoh teks atau naskah pidato singkat terkait pendidikan, yang bisa saya sajikan, semoga artikel contoh naskah pendek mengenai pendidikan ini dpat memberikan manfaat dan inspirasi dalam membuat pidato yang baik dan menarik, tentunya menarik dari sisi cara penyampaian pidato ataupun menarik dari sisi materi pidat yang disampaikan.