Contoh Proposal Pembangunan / Proyek | Cara Membuat


Contoh Proposal Pembangunan / proyek - Proposal proyek atau proposal pembangunan adalah proposl yang diajukan untuk memohon bantuan dana kegiatan pembangunan yang mana pembangunan tersebut dibuat oleh semacam yayasan atau organisasi kemasyarakatan tertentu.  proposal pembangunan atau proposal proyek ini Sebagaimana pada artikel contoh proposal dan jenisnya, yang mana pada artikel tersebut saya memaparkan, bahwa seluruh proposal pada dasarnya termasuk proposal kegiatan, namun maksud dari proposal kegiatan ini masih bersifat umum dan dapat terbagi lagi, misalnya proposal kegiatan penelitian, proposal kegiatan even atau acara yang diselenggaakan oleh organizer, proposal kegiatan usaha atau bisnis yang bersifat provit, dan proposal kegiatan pembangunan atau proposal proyek.

Proposal kegiatan pembangunan atau proposal proyek, biasanya bersifat untuk kepentingan umum, misalnya proyek perbaikan jalan, proyek pembuatan selokan jalan air, proyek pembangunan masjid, atau musholla. semua proposal proyek tersebut diajukan atas dasar kepentingan masyarakat secara umum. maka oleh karena itu proposal proyek atau proposal pembangunan di selenggarakan oleh lembaga tertentu sebagai manifestasi kepentingan masyarakat disekitarnya, yang seyogyanya dapat menunjukkan surat rekomendasi atau surat pengantar proposal yang diketahui dan mendapat bubuhan tanda tangan beserta stempel dari desa/lurah, camat dan seterusnya.

Sebelum saya ulas tentang cara membuat proposal pembangunan, penting untuk dibahas terlebih dahulu adalah, tetang pembentukan kepanitiaan pembangunan dan fungsinya.

Panitia secara organisatoris, idealnya terbagi atas dua kepanitiaan yaitu :


1. Panitia Steering Comite (SC)

contoh proposal pembangunan / proyek
Contoh Cara Membuat porosal pembangunan / proyek
Panitia SC atau sterring comite adalah panitia yang dibentuk untuk bertugas sebagai konseptor dari seluruh kegiatan pembangunan, panitia sc ini tidak bertugas secara tekhnis di lapangan. kepanitiaan ini hanya butuh ketua, sekeretaris dan bendahara selebihnya anggota. seluruh kegiatan panitia SC ini hanya seputar konsep dan ide atau gagasan pembangunan, yang selanjutnya konsep tersebut secara tekhnis dilaksanakan oleh panitia di bawahnya.

2. Panitia Organizing Comite (OC)
Panitia Organizing Comite (OC) adalah panitia yang dibentuk oleh SC yang terdiri dari ketua, sekretaris, Bendahara, dan Seksi-seksi lainnya misalnya seksi penggalian dana, seksi pengawas pembangunan, seksi humas dan seksi-seksi lainnya yang dianggap penting. kepanitian OC ini bertugas secara tekhnis pelaksanaan kegiatan pembangunan atau sederhananya adalah sebagai pelaksana dari gagasan atau konsep hasil musyawarah panitia SC.

Namun realitanya, di tengah masyarkat kita kepanitiaan semacam ini sangat jarang kita jumpai, itu karena masyarakat kita berfikir praktis dan sederhana. Menurut saya semua itu sah-sah saja. akan tetapi untuk menjadi sebuh pembelajaran dan pendidikan, tidak ada salahnya anda menerapkan apa yang sudah saya sampaikan tersebut diatas.  

Cara Membuat Proposal Pembangunan/Proyek

Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam membuat proposal proyek yaitu antara lain :
  1. Proposal pembangunan sebaiknya dibuat secara realistis dan tidak mengada-ada.
  2. Proposal pembangunan atau proposal proyek sebaiknya dibuat secara terperinci mengenai nama kegiatan, waktu, tempat, dan kepanitiaannya.
  3. Proposal pembangunan sebaiknya mendapat persetujuan dari desa dan camat, sehingga memiliki legalitas formal yang kuat.
  4. Sistematika penulisan proposal pembangunan sebagai berikut

Halaman Cover Proposal
Surat Pengantar Proposal Pembangunan(lihat contoh surat pengantar proposal pembangunan)
A. PENDAHULUAN (lihat contoh pendahuluan proposal)
  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Visi dan Misi
B. NAMA KEGIATAN (lihat contohnya di contoh proposal pembangunan masjid)
C.WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
  1. Waktu Kegiatan
  2. Tempat Kegiatan
D. PELAKSANA KEGIATAN
E. RENCANA ANGGARAN BIAYA
F.  PENUTUP (lihat contohnya penutup proposal)
      Lampiran - Lampiran 
  1. Foto lokasi pembangunan
  2. Sertifikat tanah lokasi pembangunan
  3. Foto copy gambar sketsa rencana bangunan
  4. Jika bangunan berupa tempat ibadah misalnya masjid, musholla, gereja atau tempat ibadah lainnya yang baru akan didirikan biasanya membutuhkan bukti tanda tangan dari masyarakat sebanyak minimal 60 orang, yang berfungsi adanya bukti persetujuan dari masyarakat sekitar.
  5. Surat izin mendirikan bangunan

Contoh Proposal Pembangunan

Berdasarkan pada sistematika penulisan proposal diatas maka halaman terdepan yaitu halaman cover proposal berikut ini contoh halaman cover yang bisa anda terapkan, atau anda modifikasi

Contoh Cover Proposal Pembangunan

Setiap karya tulis ilmiah   hendaklah dibuat halaman cover yang mana pada halaman cover tersebut paling tidak terdapat nama penyusun, nama lembaga dan judul besar tentang isi karya tulis sebagaimana buku, skripsi, desartasi, skripsi, atau makalah. Dengan begitu pembaca akan dapat memahami gambaran umum tentang isi dari karya tulis tersebut, tidak berbeda dengan sebuah proposal, Proposalpun sudah seharusnya memiliki halaman cover. Berikut ini contoh halaman cover yang bisa anda terapkan

Atau cover seperti ini

Contoh Cover Proposal Proyek

Download Contoh cover Proposal Pembangunan

supaya lebih mudah saya sediakan file contoh cover proposal ini dalam bentuk file.docx, silahkan download di contoh cover proposal

Mugkin itu contoh cover proposal yang bisa saya buat untuk anda, namun anda bisa membuatnya jika menguasai ms word dengan baik atau bahkan jika anda menguasai adhob photo shop itu akan lebih sempurna.

Semenrata itu dulu artikel yang bisa saya posting, mudah-mudahan sampai disini artikel ini dapat memberikan gambaran yang terang tentang bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar, sesuai dengan ketentuan tehnik penulisan karya ilmiah. tunggu artikel selanjutnya terkait contoh proposal pembangunan.
artikel terkait silahkan baca juga contoh proposal bisnis