Contoh Proposal Usaha / Bisnis yang Baik dan Benar 2018

 
Contoh Propsal Kegiatan Usaha - Beberapa waktu lalu saya telah memposting artikel tentang contoh proposal, yang mana pada artikel tersebut saya sedikit memberi gambaran umum tentang jenis-jenis proposal, silahkan baca dulu artikel contoh proposalTermasuk salah satu jenis porposal adalah proposal usaha atau proposal bisnis. maka pada kali ini saya ingin menndak lanjuti artikel tersebut secara khusus mengenai contoh proposal usaha yang baik dan benar.

Sebelum saya paparkan tentang bangaimana contoh cara membuat proposal usaha yang baik dan benar, penting untuk diperhatikan adalah bahwa Mengembangkan kegiatan usaha berbasis bisnis haruslah melalui beberapa tahapan analisa tentang jenis usaha yang ingin anda bangun, baik soal jenis usahanya, lokasi dan pemasaran. dalam hal ini saya mengenal dan ingin berbagi prinsip "4 M"  yang harus anda perhatikan yaitu antara lain :
    Contoh Proposal Usaha
    Contoh cara membuat proposal bisnis
  • "M" yang pertama adalah "Man" yang berarti manusia. Roda bisnis harus dijalankan oleh orang-orang yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang mumpuni terkait tentang kedisiplinan, keuletan, keterampilan dan kecerdasan, kredibilitas, tanggung jawab dan lain sebagainya. jika bisnis anda dijalankan oleh orang yang kurang memiliki kredibilitas yang mumpuni maka tentu saja hal ini adalah kelemahan dan kesalahan pertama yang anda lakukan. Oleh karena itu orang-orang yang anda tunjuk sebagai partner kerja harus memiliki kriteria sebagai orang yang benar-benar bertanggung jawab, disiplin dan cakap dalam setiap tugas yang diberikan, dan tentu harus profesional dan berdedikasi.
  • "M" yang kedua adalah "Managemen" sebesar apapun modal usaha anda jika tidak ditunjang dengan managemen yang baik maka dapat dipastikan usaha anda lama kelamaan akan mengalami kemerosotan oleh karena itu managemen harus dikendalikan oleh orang yang memliki kemampuan dan ketrampilan khusus untuk dapat memutar roda bisnis yang baik.
  • "M" yang ketiga yaitu "Money" atau modal. Barang kali di internet banyak bertebaran tentang bisnis tanpa modal, mungkin informasi itu bisa saja benar, akan tetapi yang dimaksud adalah bagaimana cara membangun bisnis pada tahap awal membangun usaha, karena setahu saya informasi semacam itu lebih cenderung menginginkan agar setiap orag memiliki sikap mental yang pantang menyerah dan bekerja dengan maksimal dan tidak menjadikan kurangnya modal tidak melemahkan semgangat anda dalam berusaha, karena pada dasarnya bisnis adalah bagaimana cara anda mengembangkan modal yang sebelumnya masih minim. Namun disini saya tegaskan bahwa pada akhirnya setiap usaha bisnis yang berkembang pesat adalah karena ketersediaan modal yang cukup untuk menjalankan roda perusahaan. jika boleh saya ibaratkan semacam memberi umpan besar untuk ikan yang besar pula.
  • "M yang keampat adalah Market (pemasaran) apapun jenis usaha anda pasti membutuhkan market atau pemasaran baik jenis usaha penawaran jasa, penawaran produk, ketrampilan dan lain sebagainya. maka pemasaran sangat erat kaitannya dengan lokasi usaha anda, jumlah peminat produk anda, dan strategi pemasaran, minimal anda menguasai informasi, pola informasi, media informasi dan tekhnologi informasinya. berbicara market akan menjadi sangat panjang karena masing-masing dari poin tersebut memiliki disiplin ilmu secara spesifik, akan tetapi setidaknya disini saya memberikan gambaran secara umum bagaimana prinsip dasar membangun usaha yang baik, dan benar. 

Dari "4 M" tersebut diatas anda dapat melihat secara umum tentang prosfek dan hambatan dari kegiatan usaha yang  hendak anda bangun, namun jika anda telah membangun usaha tersebut telah melalui bebagai situasi bisnis anda maka selanjutnya adalah tahap pengambangan untuk jauh lebih baik. Jika saya perhatikan mayoritas setiap pebisnis mengalami kendala finansial untuk menjalankan roda usahanya oleh karena itu saya merasa penting untuk memberikan solusi atas hal tersebut yaitu dengan membuat proposal usaha dengan harapan agar orang-orang yang berminat dengan jenis usaha anda memberikan respon positif dan mau berinfestasi pada perusahaan anda. berikut ini tujuan, cara membuat dan contoh proposal yang baik dan benar

Tujuan Proposal Usaha

Fungsi proposal usaha adalah antara lain :
  • Bagi pengusaha pemula pada umumnya mendapat kendala pada modal, maka dengan proposal usaha ini, akan sedikit memberi solusi untuk menggali dana operasioanal usahanya. 
  • Bagi pebisnis yang sudah besar dan berjalan telah lama, proposal ini bisa dijadikan untuk terus mengembangkan usahanya yaitu dengan bekerja sama dengan perusahaan lain ataupun menerima infestor dengan perjanjian bagi hasil menurut prosentase hasil bersih, atau dengan kesepakatan lainnya.   
 

Cara Membuat Proposal  Usaha/Bisnis

Ada Beberapa bagian atau unsur terkait sistematika penulisan proposal usaha yang perlu anda perhatikan yaitu antara lain :

HALAMAN COVER PROPOSAL
SURAT PENGANTAR PROPOSAL USAHA (baca contoh surat proposal usaha)
A. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Visi dan Misi
B. PROFIL PERUSAHAAN
  1. Nama perusahaan
  2. Lokasi perusahaan anda
C. STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
Yaitu menjelaskan kedudukan dan peran orang-orang yang terlibat di perusahaan anda

D. JENIS USAHA
Menjelaskan jenis usaha dan memberikan gambaran umum tentang bagaimana cara tekhnis usaha anda

E. PROSFEK USAHA DAN PEMASARAN 
Yaitu menjelaskan tentang bagaimana prosfek usaha anda 
F. MODAL USAHA / RENCANA ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL USAHA
G. PENUTUP
lAMPIRAN-LAMPIRAN
pada halaman lampiran cantumkanlah lokasi usaha, berbagai foto kegiatan usaha anda, dan sertifikat surat izin usaha.

Contoh Proposal Usaha / Bisnis


 Proposal Usaha
PT. MUTIARA BAHTERA JAYA
Buleleng- Bali

Jl. Raya Gilimanuk-Seririt, Bd. Gondol, Penyabangan, Gerokgak, Buleleng. Bali. 81155
====================================================================== 

A. PENDAHULUAN 

1. LATAR BELAKANG

Saat ini mutiara adalah salah satu komodittas sektor kelautan yang mempuyai nilai ekonomi dan prosfek yang cerah dan panjang, selama manusia masih menjadikan mutiara sebagai salah satu jenis perhiasan yang megah dan mewah, oleh karena itu pula tentu saja harga mutiara akan terus menerus meningkat  dari tahun ketahun.

Semula mutiara hanya diperoleh dari tiram mutiara yang hidup di laut secara alami dan tanpa campur tangan manusia, namun kini berkat perkembangan tekhnologi dan informasi ternyata mutiara dapat kita budidayakan sehingga prosentase keberhasilan tiram mutiara dan mutiara itu sendiri dapat dikembangkan jauh lebih optimal. Budidaya laut merupakan sebuah upaya manusia menggunakan input tenaga kerja yang terampil untuk meningkatkan produksi organisme laut, dengan cara memanipulasi pertumbuhan, mortalitas dan reproduksi atau sederhananya dapat kita definisikan sebagai kegiatan pengembangan protensi dari sumber daya alam dalam area terbatas (Laut) baik secara terbuka maupun tertutup. 

Maka melihat potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, hal ini menjadikan peluang terbesar untuk terus meningkatkan kualitas taraf hidup manusia, selama dapat dikelola dengan baik dan memperkecil angka kerugian ,yang diakibatkan oleh dampak adanya human eror atau karena gejala alam yang tak terelakkan.

2. PROFIL PERUSAHAAN
  • Perusahaan kami yang kami beri nama "PT. Mutiara Bahtera Jaya" berdiri sejak 12 Januari 1998 yang mana perusaahan kami bergerak dibidang pembudi dayaan tiram mutiara dan Mutiara Laut.
  • Lokasi perusahaan kami terletak di Banjar Dinas Gondol Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Bali
3. JENIS USAHA
Perusahaan kami bergerak dibidang budidaya kerang mutiara, yaitu secara umum tekhnis budidaya kerang mutiara antara lain
  • Menanam induk kerang mutiara
  • proses penyilangan jenis kerang mutiara
  • pemijahan kerang dari laut ke ruang oprasi untuk melakukan oprasi memasukkan nukleus
  • Melakukan seleksi bibit unggul untuk dimasukkan nukleus
  • kemudian dikembalikan lagi kelaut untuk 
  • Selanjutnya melakukan perawatan selama penanaman
  • selama beberama lama mutiara siap dipanen, dan hal ini tergantung dari keinginan kita seberapa besar diameter mutiara.
  • Selanjutnya mutiara siap di lelang / dipasarkan.
Itulah sekilas tentang tekhnis pembudidayaan mutiara yang bisa saya sampaikan pada proposal ini, namun secara terperinci silahkah survey ke perusahaan kami.

4. STRUKTUR ORGANISASI 

Adapun struktur organisasi perusahaan kami antara lain :
Direktur Utama         : Bapak . M. Taufiq,
Direktur Keuangan    : Bapak Ismail,
Direktur Personalia    : Bapak Simanjuntak
Direktur                    : Bapak Dedi Purnawan
Manager                   : Bapak Marzuki, S.T.P
Manager Personalia  : Bapak Wahyudi, S.Mb
Manger pemasaran   : Bapak. Hariyanti, SE
ADM & Gudang      : Bapak Malik Ridwan
Ketua Tim Lapangan : Muhammad Abduh

 5. PROSFEK USAHA DAN PEMASARAN
  • Sebagaimana telah kami paparkan diatas bahwa mutiara adalah jenis perhiasan yang mewah dan terus menerus mengalami peningkatan harga, maka dalam hal ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang bagaimana prosfek budidaya mutiara. 
  • Bahwa pemasaran yang yang telah kami kuasai adalah di indonesia sendiri dan kami juga mengskspor mutiara unggul ke berbagai negara misalnya Jepang, Belanda, Jerman, dan masih banyak lagi celah-celah pemasaran yang lain.
 6. MODAL USAHA
Bahwa perusahaan kami senantiasa terus berkembang dan maju jika ketersedian modal yang memadai, diantara hambatan yang kami alami adalah antara lain :
  • Operasional : Biaya operasional kami bagi atas tiga bagian yaitu jangka pendek, jangka menengah dan panjang, jangka pendek yaitu terhitung 30 hari sekali, menengah yaitu 6 bulan sekali dan jangka panjang yaitu 1 tahun sekali yang mana biaya operasional tersebut secara keseluruhan menelan biaya Rp. 500.000.000 sebaaimana rincian tercantum pada rencana anggaran biaya operasioanal.
  • Pemasaran : Pada pemasaran ini kami mengalami kendala yaitu biaya pengiriman barang keseluruh negara yang kami sebutkan diatas, bahwa untuk biaya pengiriman setidaknya telah mencapai 150 juta /30 hari, secara terprinci terdapat pada lampiran.

7. PENUTUP
Demikian proposal ini kami sampaikan, agar dijadikan sebagai bahan pertimbangan Bapak untuk berkenan kiranya menjadi infestor pada perusahaan kami, dan mengenai hal-hal yang belum tercantum disini maka akan dijelaskan kemudian pada kesempatan yang lain sebagai tindak lanjut dari proposal ini. dan mengenai keputusan Bapak akan kami tunggu 7 hari setelah proposal ini bapak terima. dan atas perhatian Bapak kami sampaikan terima kasih.

catatan. setiap proposal harus disertai dengan surat pengantar proposal, sebagaimana telah saya jelaskan diatas, maka untuk melengkapi contoh proposal usaha ini silahkan baca juga contoh surat pengantar propsal usaha. di link surat pengantar proposal usaha

Download Contoh Proposal Usaha

Untuk anda yang butuh contoh propsal usaha, saya sediakan filenya dalam bentuk MS. Word file.docx yang bisa anda download. silahkan download di contoh proposal usaha
 
Itulah artikel tentang contoh proposal kegiatan usaha atau proposal bisnis yang bisa saya posting, untuk menjadi pedoman dalam membuat proposal usaha yang baik dan benar. saya berharap artikel ini bermanfaat dan bisa mmberi solusi atas bisnis anda, namun mengenai artikel contoh proposal usaha ini , bahwa apa yang kami susun tersebut adalah sebuah ilustrasi yang bisa anda sesuaikan sendiri. sebagai bahan perbandingan silahkan baca juga contoh proposal pembangunan. salam sukes

Baca juga artikel contoh surat lamaran kerja