Contoh Pendahuluan | Latar Belakang Proposal yang Baik dan Benar

Contoh Latar Belakang Proposal - artikel ini adalah sebagai kelanjutan dari artikel contoh proposal pembangunan, pada poin halaman pendahuluan yaitu terletak setelah surat pengantar proposal. Maka pada kesempatan kali saya mencoba untuk membahas tentang bagaimana cara membuat latar belakang proposl yang baik dan benar.

Namun sebelum itu penting untuk dibahas juga adalah, tentang pengertian latar balakang, karena dengan memahami definisi latar belakang anda mendapatkan gambaran secara umum apa yang perlu disampaikan dalam latar belakang.

Pengertian Latar Belakang

Latar belakang secara inflisit terkandung makna sebuah motif atau alasan yang menjadi sebab atau yang melatar belakangi dibahasnya pokok masalah tertentu, oleh kerana itu suatu karya ilmiah secara umum di dalamnya terdapat upaya menemukan jawaban atau solusi dari pokok permasalahan yang diangkat, 

Dengan melalui analisa dan kajian teori ataupun berupa pengkajian ulang tentang bagaimana keberhasilan dari penerapan teori tersebut, sehingga pada akhirnya diharapkan karya ilmiah tersebut memberikan rekomendasi tentang metode, konsep dan langkah-langkah praktis dalam rangka penyelesaian masalah.

Nah begitu pula latar belakang pada proposal, bahwa latar belakang proposal adalah sebuah motiv atau alasan atas di ajukannya proposal tersebut, dengan mangangkat permasalahan tertentu yang kemudian memberikan rekomendasi penyelesaian masalah untuk dipertimbangkan oleh pihak-pihak yang paling berkompeten terhadap upaya penyelesaian masalah tersebut, baik pihak pemerintahan maupun lembaga-lembaga yang membidangi secara khusus terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bahkan bersifat individual selama ia memiliki kemampuan dan berjiwa sosial.

Cara Membuat Latar Belakang Proposal

contoh Latar belakang proposal pembangunan
Cara membuat latar belakang proposal
Secara tekhnis latar belakang adalah termasuk aitem atau poin dari pendahuluan, sebagaimana telah saya paparkan pada contoh proposal pembangunan bahwa pendahuluan meliputi latar belakang, tujuun, visi dan misi. 

Mungkin sebagian orang merasa kesulitan untuk menulis latar belakang terkait ide atau materi yang akan disampaikan pada latar belakang. Menulis latar belakang masalah pada proposal tidak jauh berbdeda dengan menulis sebuah karangan, namun harus tetap pada koridor keilmiahan sehingga membutuhkan refrensi, setidaknya memahami opini aktual (hangat) yang berkembang terkait pokok masalah yang diangkat baik isu nasional maupun lokal.

Misalnya proposal anda mengenai pembangunan masjid maka yang perlu anda tulis terlebih dahulu adalah kerangka tulisan atau pokok dan sub-sub pokok masalah yang berkaitan dengan masjid yang nantinya and arahkan secara khusus masalah yang sedang berkembang atau hangat terjadi ditengah masyarakat anda terkait masjid tersebut. berikut ini cara membuat pokok dan sub pokok masalah

PEDAHULUAN
Latar Belakang
Pokok masalah        : Apa Pengertian masjid
Sub pokok masalah  : - pengertian masjid secara bahasa
                                 - pengertian masjid secara syar'i
Pokok masalah        ; Apa Fungsi masjid 
Sub pokok masalah  : - Fungsi masjid di masa Nabi
                                 - Fungsi Masjid di zaman ini
Pokok Masalah       : Bagaimana kriteria masjid yang baik dan kondusif
Sub pokok Masalah : - Kriteria masjid secara fisik (infra struktur)
                                  - Pengelolaan (manajemen masjid)
Pokok Masalah        : kondisi masjid Lingkungan anda
sub pokok masalah   : upaya pembangunan masjid untuk memenuhi kriteria ideal
                                 : pengelolaan masjid yang baik
                                 : harapan kepada pihak yang berkompeten untuk berpartisipasi mambangun masjid

Itulah contoh kerangka tulisan, yang mana setiap sub pokok masalah membutuhkan penjabaran. Dengan adanya kerangka tersebut diharapkan tulisan anda akan lebih terarah dan sistematis, akan tetapi jangan lupa bahwa dalam menjabarkan pokok dan sub pokok masalah membutuhkan refrensi agar tulisan anda lebih ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan, begitu juga dengan adanya refrensi tersebut anda akan memiliki informasi, konsep dan gagasan yang lebih lebih terarah. 

Setiap sub pokok masalah bisa anda jabarkan secara luas dan terprinci, atau anda hanya perlu mengutarakan poin-poin terpenting agar tidak terlalu panjang lebar.

Tujuan
Visi dan Misi

Contoh Latar Belakang Proposal


A. PENDAHULUAN
Latar Belakang
pengertian masjid secara bahasa  yaitu tempat bersujud, jadi secara bahasa setiap apa yang engkau jadikan tempat sujud maka itulah yang disebut dengan masjid, namun secar syar'i masjid memiliki dua pengertian yaitu engertian secara umum dan pengertian secara khusus. 

Secara umum yaitu bahwa seluruh muka bumi ini dapat dikatakan sebagai masjid karena disitulah engkau bersujud selama tempat terebut diprbolehkan untuk dijadikan sebagai tempat sujud mksudnya adalah tempat tersebut telah memenuhi syarat kesucian dan beberapa tempat yang engkau dilarang untuk sujud diatasnya. sebagaimana Rasulullullah bresabda :
جُعِلَتْ لِي الأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا
artinya : telah dijadikan untukku seluruh muka bumi ini sebagai tempat bersujud  dan sebagai alat untuk bersuci. (Muttfaq Alaih)

sedangkan makna masjid secara khusus yaitu sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat untuk berdzikir, sholat dan segala jenis badah kepada Allah subhanahu wa ta'ala sebagaimana Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda :

إِنَّمَا هِيَ لِذِكْرِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَالصَّلَاةِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ
Artinya : Masjid-masjid itu adalah hanyalah dibangun untuk berdzikir kepada Allah azza wajalla sholat dan membaca Al-qur'an. (Hr. Muslim)

Pada masa Rasulullah shallallahu walai wasallam, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tepat sholat dan berdzikri saja akan tetapi sejarah memberikan fakta bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasalllam menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat islam khususnya di madinah yaitu masjid nabawi. kegiatan-kegiatan masyarakat tersebut misalnya :
  • Sebagai tempat ibadah
  • Sebagai tempat konsultasi perihal mu'amalat (sosial ekonomi)
  • Sebagai pusat pendidikan dan pengajaran ummat  
  • kegiatan perawatan dan pengobatan setelah pulang dari perang
  • Sebagai tempat konsultasi dan peradilan
  • Sebagai tempat penyelesaian sengketa dan perdamaian
  • Bahkan masjid adalah sebagai musyawarah penyusuna strategi da latihan perang.
Maka sudah seharusnya masjid dizaman kita difungsikan sebagaimana Baginda Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam memfungsikannya, dengan menjadikan beliau sebagai suri tauladan. oleh karena itu masjid harus memiliki kriteria-kriteria tertentu untuk mendukung seluruh kegiatan keummatan. 

Kriteria masjid tersebut dapat dilihat dari beberap aspek yaitu kriteria infra sturktur masjid dan manajemen masjid. kriteria infra sturktur masjid misalanya
  • Luas masjid harus memiliki kapasitas yang dapat menampung seluruh anggota masyarakat dillingkungannya.
  • Masjid memiliki ruang-ruang khusus untuk kegiatan tersebut diatas misalanya ruang perpustakaan, ruang poliklinik, ruang auditrorium sebagai tempat untuk bermusyawarah dan kosultasi.
  • Masjid harus didesain agar tidak bercampur antara laki-laki dan perempuan.
Dengan demikian masjid membutuhkan pengelolaan dan manajemen yang baik dari pengurus masjid atau ta'mir masjid, agar masjid dapat berfungsi dengan maksimal, nyaman dan tenang dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan ummat.

Melihat kondisi masjid di Masjid Nurul Iman Gondol, secara fisik masjid kami masih terlalu jauh dari ideal. oleh karena itu pembangunan dan perbaikan infra struktur masih harus terus di upayakan karena masjid kami masih sangat memerpihatinkan baik kapaistas masjid yang kurang memadai dari jumlah anggota masyarakat, dan kondisi masjid yang telah tua dan rapuh, sehingga anggota masyarakat kurang nyaman dan tenang dalam malaksanakan ibadah.

oleh karena kondisi tersebut diatas kami berharap kepada semua pihak yang brkompeten dibidangnya untuk berkenan memberikan perhatian sepenuh hati dan berpartisipasi dalam pembangunan "Masjid Nurul Iman Gondol.
Pembangunan masjid ini sekurang-kurangnya membutuhkan dana Rp. 5.000.000.000 sebagaimana rincian terdapat pada poin "Rencana anggaran biaya pembangunan".

B. TUJUAN
Tujaun dari pembangunan masjid Nurul Iman Gondol adalah agar terciptanya kondusifitas Ibadah yang nyaman, tenang serta dapat menjadikan masjid sebagai media komunikasi dan kegiatan keummatan, tentunya dengan memenuhi kriteria masjid yang memadai.

C. Visi dan Misi
  1. Visi : dengan pembangunan masjid dapat terciptanya kondusifitas ibadah dan kegiatan keummatan yang lebih layak.
  2. Misi : Menciptakan insan beriman dan bertakwa dan bermoral berkebangsaan.


Download Contoh Latar Belakang

Agar semakin mudah dalam membuat latar belakang proposal ini saya sediakan filenya dalam bentuk ms word. docx. silahkan donwnload contoh latar belakang proposal di latar belakang propsal pembangunan.

Itulah contoh dan cara membuat latar belakang proposal yang bisa saya tulis, agar dapat dijadikan sebagai acuan setidaknya dapat memberikan wawasan mengenai tehnik penulisan karya ilmiah yang seyogyanya memenuhi syarat ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan. 

Saya berharap artikel ini bermanfaat bagi anda. Dan penting juga untuk dibaca adalah contoh proposal dan jenis-jenisnya, dan contoh proposal usaha agar dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan acuan dalam membuat proposal yang baik dan benar. terima kasih atas kunjungan anda. salam sukses